Penelitian ini bertujuan ingin mengungkap permasalahan Pelayanan Terpadu ( PATEN ) yang ada di Kantor Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dengan sistem antrian MANUAL. Dari beberapa informasi yang di himpun dari masyarakat yang mengantri Pelayanan dengan sistem antrian manual kurang efektif dan efisiIen. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat yang baik , Instansi Kantor Kecamatan perlu adanya inovasi sistem antrian DIGITAL. permasalahan Pelayanan Terpadu ( PATEN ) yang ada di Kantor Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dengan sistem antrian MANUAL. Dari beberapa informasi yang di himpun dari masyarakat yang mengantri Pelayanan dengan sistem antrian manual kurang efektif dan efisiIen. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat yang baik , Instansi Kantor Kecamatan perlu adanya inovasi sistem antrian DIGITAL.. Inovasi merupakan peralihan dari prinsip-prinsip, proses dan praktik-praktik manajemen tradisional atau pergeseran dari bentuk organisasi yang lama ke manajemen modern. Pelayanan Pemerintah kepada masyarakat yang dikenal dengan sebutan pelayanan publik merupakan isu yang sangat strategis karena interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam rangka mengetahui Inovasi pelayanan publik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik dengan sistem antrian Digital adalah inovasi conseptual dimana memunculkan paradigma, ide, gagasan, pemikiran dan terobosan baru. Sedangkan inovasi delivery adalah termasuk cara – cara baru atau dalam menyelesaikan masalah, memberikan layanan atau berinteraksi dengan klien untuk tujuan pemberian layanan khusus kepada pelanggan.
Copyrights © 2023