Metode pendidikan yang digunakan oleh pendidik pada dasarnya adalah menggunakan suatu cara yang memberikan kemudahan bagi peserta didik/murid untuk menghayati dan mengamalkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sekaligus mengidentifikasi dirinya dengan nilai-nilai yang terdapat dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan tersebut sehingga metode yang digunakan haruslah mampu membuat murid/peserta didik untuk merasa mudah menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan itu. Inilah yang harus dipahami oleh seorang pendidik sehingga pengajaran (proses pembelajaran) akan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada artikel ini dinahas bagaimana Ibnu Khaldun memberikan tahapan- tahapan dalam mempelajari suatu ilmu. Yaitu ilmu diberikan secara sederhana, lalu mengulang kembali pelajaran dan diadakan diskusi, dan mengulang dari awal sampai akhir termasuk seluruh masalah ilmu yang sulit dikaji sampai hal-hal yang kecil dalam ilmu tersebut. Jadi mengajarkan pengetahuan kepada murid hanyalah akan bermanfaat apabila dilakukan secara berangsur-angsur, setapak demi setapak dan sedikit demi sedikit.
Copyrights © 2019