Tahdzib Al-Akhlaq Jurnal Pendidikan Islam
Vol 7 No 1 (2024): Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survei di SMKN 7 JAKARTA)

Hasan, Nur (Unknown)
Nadiah, Nadiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Harapan agar para siswa dapat memahami semua materi pelajaran mendorong penelitian ini; khususnya, keinginan untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan teknik pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami mata pelajaran yang diberikan. Dengan demikian, ia dapat menginspirasi para siswanya untuk lebih terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri dengan memanfaatkan minat mereka untuk melakukannya. Data yang akurat, valid, dan dapat dipercaya mengenai dampak pemahaman materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta adalah tujuan dari penelitian ini. Tingkat dampaknya cukup hingga sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi sebagai metodologinya. Dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, dan pencatatan, sebanyak 43 siswa dari SMK Negeri 7 Jakarta dipilih dengan menggunakan pendekatan sampel acak sederhana. Dalam melakukan analisis menggunakan metode korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat jelas bahwa "ro" lebih besar daripada "rt" baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, karena uji koefisien product moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,693, dibandingkan dengan "rt" pada taraf signifikan 5% = 0,304 dan taraf signifikan 1% = 0,393. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta dipengaruhi oleh seberapa baik mereka memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Tahdzib

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Adapun scope dan focus pada jurnal ini adalah 1. Al Quran dan Hadis Sebagai sumber utama ajaran Islam, Al Quran dan Hadis menjadi fondasi dalam proses pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai tauhid, ibadah, dan akhlak mulia. 2. Pendidikan Karakter Akhlak, Moral, dan Etika Pendidikan Agama Islam ...