ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil UMKM keripik tempe, faktor-faktor internal dan eksernal dalam pengembangan UMKM keripik tempe serta strategi pengembangan UMKM keripik tempe di Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan sampling jenuh (sensus) dengan mengambil semua produsen UMKM keripik tempe yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa profil UMKM keripik tempe di Desa Rawalo sejumlah 19 produsen sebagian besar berumur 50-65 tahun, tingkat penddikan terbanyak yaitu SD, jumlah tanggungan terbanyak yaitu sejumlah 3-4 orang, lama usaha yang telah dijalankan sebagian besar sudah lebih dari 30 tahun dan jenis kelamin terbanyak mengusahakan keripik tempe yaitu lai-laki. Produksi keripik tempe menjadi sebagian besar pekerjaan utama dari 19 responden, usaha yang dijalankan semua produsen merupakan usaha perorangan dan jumlah tenaga kerja rata-rata sebanyak 3 orang. Mayoritas produk keripik tempe yang dihasilkan yaitu bentuk kotak dan bahan pokok yang digunakan merupakan tempe yang diproduksi sendiri. Faktor kekuatan internal sejumlah 12 faktor dan kelemahan memiliki 11 faktor. Faktor peluang eksternal sejumlah 8 faktor dan ancaman sejumlah 9 faktor. Strategi pengembangan pada UMKM keripik tempe Desa Rawalo menunjukkan hasil strategi agresif pada kuadran 1 yang memiliki nilai sumbu x sebesar 1,75 dan sumbu y sebesar 0,23.Kata kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, Keripik Tempe
Copyrights © 2025