Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 15 No. 1 (2025): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STUDENT AGENCY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK FASE D OLEH GURU PENGGERAK PADA KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Umar, Abdurrahman (Unknown)
Hidayati, Panca Pertiwi (Unknown)
Budiarti, Any (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Hal tersebut disebabkan peserta didik kurang memahami struktur dan kebahasaan dalam menulis teks naratif. Selain itu peserta didik belum terlatih ketika berbicara di depan kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis memilih implementasi problem based learning berbasis student agency untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 4 Cimahi dalam menulis teks naratif dan berdampak terhadap kemampuan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model tersebut terhadap kemampuan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 4 Cimahi dalam menulis teks naratif dan kemampuan bercerita dikategorikan baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, bahwa implementasi model tersebut berdampak terhadap kemampuan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita. Hal ini didukung dengan perhitungan statistik. Terdapat perbedaan signifikan menulis teks naratif dan kemampuan bercerita peserta didik di kelas eksperimen menggunakan problem based learning berbasis student agency dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menulis teks naratif berdampak terhadap kemampuan bercerita peserta didik. Selain itu, dapat menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran di kelas. Terbukti dari rata-rata pretest menulis teks naratif di kelas eksperimen memperoleh 56,86, sementara perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen memperoleh 81,86 menunjukkan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretest kemampuan bercerita peserta didik yaitu 49,25, sementara nilai rata-rata posttest 74,25, juga menunjukkan kenaikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...