Penelitian ini bertujuan untuk perkembangan kognitif dan sosial anak-anak. Pola asuh orang tua sangat memengaruhi hasil belajar anak. Pola asuh yang berbeda, seperti otoriter, demokratis, dan permisif, memiliki dampak yang berbeda terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar anak, menentukan pola asuh paling efektif berdasarkan teori belajar kognitif, serta memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua dan pendidik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi peserta didik SMP Pertiwi 2 Padang, dan sampel sebanyak 69 peserta didik yang diambil melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS peserta didik, diukur melalui Penilaian Akhir Semester I. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memiliki hubungan signifikan sebesar 13% dengan hasil belajar. Pola asuh demokratis memberikan persentase tertinggi. Anak yang dididik dengan pola asuh demokratis mendapatkan dampak positif pada perkembangan dan kepribadian mereka, sehingga mendorong hasil belajar yang tinggi
Copyrights © 2025