JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Big Data Analytics untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan di Industri

Manihuruk, Dwi Margaretta (Unknown)
Sabilillah, Henisa (Unknown)
Sutabri, Tata (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Big Data Analytics telah menjadi fondasi utama dalam transformasi digital berbagai industri. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data dalam skala besar guna memperoleh wawasan strategis yang mendalam, yang tidak dapat diperoleh melalui metode tradisional. Dengan kemampuan untuk mengolah data dalam berbagai bentuk dan dari berbagai sumber secara real-time, Big Data Analytics memberikan solusi dalam menghadapi tantangan kompleksitas bisnis modern, seperti persaingan pasar yang semakin ketat, tuntutan konsumen yang terus berubah, dan kebutuhan akan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Big Data Analytics dalam mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai sektor industri. Selain itu, artikel ini membahas proses implementasi teknologi ini, tantangan yang dihadapi, serta manfaat yang diperoleh. Studi kasus pada sektor manufaktur, perbankan, dan logistik menunjukkan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan data untuk mengoptimalkan rantai pasokan, mendeteksi penipuan, dan meningkatkan efisiensi pengiriman. Meskipun potensi Big Data Analytics sangat besar, implementasinya tidak lepas dari tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kekurangan tenaga ahli, dan isu privasi data. Dengan mengatasi hambatan ini, perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan. Artikel ini menyimpulkan bahwa Big Data Analytics adalah alat yang esensial untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data, sekaligus merekomendasikan langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan penggunaannya di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...