JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Integrasi Fikih dalam Kurikulum Pendidikan Islam: Pendekatan Holistik dan Kontekstual

Sufia, Neng (Unknown)
Chanifudin, Chanifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena kurangnya integrasi fikih dalam kurikulum pendidikan Islam yang mengedepankan pendekatan holistik dan kontekstual, di mana pembelajaran fikih sering kali terkesan terpisah dari disiplin ilmu lain atau konteks kehidupan nyata peserta didik. Padahal, di era modern yang semakin kompleks dan dinamis ini, pendekatan pembelajaran yang terintegrasi dan relevan sangat diperlukan agar peserta didik dapat memahami dan menerapkan ajaran Islam secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model integrasi fikih dalam kurikulum yang mengedepankan pendekatan holistik dan kontekstual, yang menekankan pengajaran fikih yang tidak hanya berbasis teks, tetapi juga berkaitan dengan konteks sosial, budaya, dan ilmiah yang relevan dengan kehidupan peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan holistik dan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap fikih secara komprehensif. Model ini membantu peserta didik untuk mengaitkan ajaran fikih dengan pengalaman hidup mereka, menjawab tantangan kurikulum pendidikan Islam dalam mempersiapkan generasi yang berkarakter Islami dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...