JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Passing Atas dan Passing Bawah Bolavoli

Neta, Marsellina Vero (Unknown)
Hidayat, Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan sekolah, media pembelajaran digunakan sebagai alat yang dapat memberikan informasi kepada siswa. Media pembelajaran dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Namun dari observasi yang telah dilakukan, medapatkan permasalahan mengenai pemberian materi yang belum maksimal yaitu kurangnya implementasi media pembelajaran yang interaktif. Tujuan penelitian ini yang pertama ialah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan media pembelajaran multimedia interaktif terhadap hasil belajar passing atas dan passing bawah bolavoli, selanjutnya yang kedua bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar passing atas dan passing bawah antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif, populasi pada penelitian ini berjumlah 636 siswa terdiri dari 18 kelas. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control grup design dan sampel penelitian yang menggunakan teknik pengambilan purposive sampling berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Dengan menggunakan instrument google form, French Cooper dan AAHPER. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang berbentuk PowerPoint mampu meningkatkan hasil belajar siswa, Secara spesifik hasil belajar yang meningkat hanya hasil belajar pengetahuan atau kognitif dari nilai awal rata-rata hasil belajar 66,18 menjadi 74,12, meningkat sebesar 11,32% dengan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya pada uji beda kedua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hanya pada ranah pengetahuan atau aspek kognitif yang terdapat perbedaan secara signifikan dengan signifikansi 0,006 < 0,05. Hal tersebut menandakan media pembelajaran interaktif lebih efektif daripada media pembelajaran konvensional pada ranah pengetahuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...