Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang berbantuan media papan penjumlahan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bilangan cacah di kelas II SDN Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan triangulasi data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.subjek penelitian terdiri dari 25 siswa, yakni 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan penjumlahan dengan PMRI secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Sebanyak 85% siswa menyatakan ketertarikan terhadap media pembelajarann dan lebih mudah memahami materi bilangan cacah. Proses pembelajaran melibatkan empat tahap iceberg PMRI, yaitu situasi konkret, model konkret, model abstrak, dan pengetahuana formal. Penelitian ini menunjukkan bahwa media papan penjumlahan efektif dalam memperbaiki hasil belajar siswa dan dapat menjadi alat pembelajaran inovatif yang relevan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2025