JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Student’s Perception on Virtual Conversation

Triani, Ade Rahma (Unknown)
Lubis, Yani (Unknown)
Sartika, Sartika (Unknown)
Marpaung, Waldy Capri Marinto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Dalam era digital, interaksi berbasis teks melalui platform chatting semakin menjadi bagian penting dalam komunikasi akademik, terutama dalam kelas virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap penggunaan chatting dalam percakapan virtual, termasuk efektivitas, preferensi, manfaat kognitif, kolaborasi, serta peran dosen dalam memfasilitasi komunikasi tersebut. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 23 mahasiswa kelas D Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, chatting dalam kelas virtual memiliki manfaat, terutama dalam membantu mahasiswa menyusun pemikiran sebelum berpendapat dan mendukung kolaborasi akademik. Namun, metode ini masih belum sepenuhnya menggantikan komunikasi lisan yang dianggap lebih efektif dalam membangun interaksi yang alami dan dinamis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...