JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Keterampilan Menyusun Surat Dinas Sesuai Struktur pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Pelita Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024

Harahap, Syakinah Melinda (Unknown)
Winarti, Winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan menyusun surat dinas sesuai struktur pada siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu VII A, VII B, VII C, dan VII Dsebanyak 216 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII D sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Teknik analasis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji t yang menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan  α = 0,05 dan derajat kebebasan df = N-1. Pada penelitian ini memperoleh nilai = 21,26 dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan df = 54-1 = 53 didistribusikan kedalam dengan nilai ≈ 1,674 yang berarti nilai   lebih besar dibandingkan  yaitu 21,26 > 1,674. Dengan hasil ini ha dapat diterima dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan menyusun surat dinas sesuai struktur pada siswa kelas VII D SMP Swasta Pelita Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...