Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan menyusun surat dinas sesuai struktur pada siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu VII A, VII B, VII C, dan VII Dsebanyak 216 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII D sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Teknik analasis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji t yang menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan df = N-1. Pada penelitian ini memperoleh nilai = 21,26 dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan df = 54-1 = 53 didistribusikan kedalam dengan nilai ≈ 1,674 yang berarti nilai lebih besar dibandingkan yaitu 21,26 > 1,674. Dengan hasil ini ha dapat diterima dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan menyusun surat dinas sesuai struktur pada siswa kelas VII D SMP Swasta Pelita Medan.
Copyrights © 2025