JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian Produk UMKM

Zalukhu, Suku Berkat (Unknown)
Sijabat, Maria Emmes Fernanda (Unknown)
Rahmadani, Nia (Unknown)
Nofirda, Fitri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, tantangan dalam bersaing dengan produk global memerlukan strategi pemasaran yang inovatif. Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan menggunakan celebrity endorser, tokoh masyarakat atau selebriti yang mempromosikan produk. Celebrity endorser diyakini dapat meningkatkan minat beli karena kredibilitas, popularitas, dan daya tarik pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli produk UMKM. Metode kuantitatif dengan pendekatan survei digunakan, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dari 150 responden yang merupakan konsumen UMKM di daerah perkotaan. Variabel yang dianalisis meliputi kredibilitas celebrity endorser (keahlian, daya tarik, dan kepercayaan), kesesuaian produk-endorser, dan dampaknya terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas celebrity endorser secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen, terutama melalui faktor kepercayaan dan keselarasan citra endorser dengan produk yang dipromosikan. Selain itu, promosi yang melibatkan selebriti dengan reputasi positif menciptakan dampak emosional yang meningkatkan persepsi kualitas produk. Studi ini menyimpulkan bahwa memilih selebriti pendukung yang tepat merupakan strategi penting bagi UMKM untuk menarik perhatian pasar dan meningkatkan daya saing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...