JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

T, Angriani (Unknown)
JA, Adewiyah (Unknown)
Nur, Jumiati (Unknown)
Nurdiana, Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Deret Arimatika dan Geometri di kelas VIII.2 UPTD SMPN 11 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII.2 UPTD SMPN 11 Barru tahun ajaran 2024/2025. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah (a). observasi, (b). wawancara, (c). dokumentasi, dan (d). tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa berada pada kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa Problem Based Learning (PBL) ini efektif digunakan pada materi Deret Aritmatika dan Geometri, hal ini ditunjukkan pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar adalah 38,8%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,5% . Pada aktifitas siswa dan guru berdasarkan hasil observasi juga terhadap model yang digunakan peneliti yaitu Problem Based Learning (PBL) berada pada tingkat yang efektif diberikan kepada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...