JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Perkembangan Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 57 Jambi

Rohza, Athia (Unknown)
Fitrisia, Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat perkembangan kurikulum di SD Al Azhar 57 Jambi yang melihat perubahan secara signifikan seiring dengan implementasi kurikulum terbaru yang mengintergrasikan nilai-nilai islam dalam pembelrajaran berbasis kompetensi. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan jenis penelitian kualitatif. pendekatan deskriptif, karena jenis penelitian ini memusatkan pada deskrisi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan dan perilaku yang diamati. Hasil Penelitian di SD Islam Al Azhar 57 Jambi menunjukkan perubahan signifikan dalam kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pembelajaran berbasis kompetensi. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1. wawancara, 2. observasi, dan 3. Dokumentasi. Fokus kurikulum tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga penguatan karakter seperti disiplin dan kejujuran. Implementasi kurikulum baru meningkatkan penggunaan teknologi dan metode berbasis proyek, serta mengadopsi pengajaran interaktif. Dampak positifnya termasuk peningkatan keterlibatan siswa, perkembangan karakter, dan pemahaman nilai agama. Meskipun ada tantangan seperti beban kerja guru, perubahan ini menunjukkan bahwa kurikulum berbasis nilai Islam dapat mencetak siswa cerdas dan berkarakter Islami, sejalan dengan teori pendidikan kontemporer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...