JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

The Effect of the Using Grammarly Application and Writing Motivation on Students’ Writing Ability

Solikin, Mohammat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh penggunaan aplikasi Grammarly dan motivasi menulis terhadap kemampuan menulis siswa di SMKN 1 Rimba Melintang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor tersebut berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel sebanyak 69 responden. Analisis data mengungkapkan bahwa gabungan pengaruh penerapan Grammarly dan motivasi menulis menyumbang 13,4% variasi dalam kemampuan menulis siswa, yang menunjukkan kontribusi yang signifikan namun parsial. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Tata Bahasa dan motivasi adalah alat yang berharga, pengembangan menulis adalah proses yang memiliki banyak aspek yang memerlukan strategi yang lebih luas. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan sumber daya teknologi dan intervensi motivasi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian di masa depan harus mengeksplorasi variabel tambahan yang mungkin berdampak pada kinerja menulis, memberikan kerangka yang lebih komprehensif untuk mendukung kompetensi menulis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...