Penelitian ini menyelidiki pengaruh penggunaan aplikasi Grammarly dan motivasi menulis terhadap kemampuan menulis siswa di SMKN 1 Rimba Melintang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor tersebut berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel sebanyak 69 responden. Analisis data mengungkapkan bahwa gabungan pengaruh penerapan Grammarly dan motivasi menulis menyumbang 13,4% variasi dalam kemampuan menulis siswa, yang menunjukkan kontribusi yang signifikan namun parsial. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Tata Bahasa dan motivasi adalah alat yang berharga, pengembangan menulis adalah proses yang memiliki banyak aspek yang memerlukan strategi yang lebih luas. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan sumber daya teknologi dan intervensi motivasi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian di masa depan harus mengeksplorasi variabel tambahan yang mungkin berdampak pada kinerja menulis, memberikan kerangka yang lebih komprehensif untuk mendukung kompetensi menulis siswa.
Copyrights © 2025