JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Mengatasi Kemalasan Siswa SD 124398 Pematangsiantar

Manurung, Desi Gokma (Unknown)
Butar-Butar, Zelonika (Unknown)
Siregar, Sempria (Unknown)
ButarButar, Jesika (Unknown)
Simanjuntak, Noharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini membandingkan dua kelompok siswa kelas IV di SDN 091608 Sinaksak (kelompok kontrol) dan SDN 124398 Pematangsiantar (kelompok eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis game secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, yang tercermin dalam antusiasme, interaksi, dan semangat belajar. Sebaliknya, kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional tidak menunjukkan perubahan motivasi yang signifikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan motivasi antara lain interaktivitas, umpan balik langsung, dan elemen tantangan dalam permainan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis game efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...