JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Perancangan Fronend Sistem Absensi Siswa Berbasis Internet of Thins Menggunakan RFID di SMP N 35 Palembang

Hanzani, Hanzani (Unknown)
Azdy, Rezania Agramanisti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini adalah untuk: (1) Membuat sebuah sistem absensi berbasis Internet of Thing (IoT) menggunakan Teknologi Radio Frequency Identification (FRID). (2) Mengembangkan keterampilan non-teknis dan teknis yang dimiliki oleh setiap mahasiswa selama berpartisipasi dalam program studi independen bersertifikat dalam inisiatif Kampus Merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan pengembangan sistem dengan metode Waterfall yang terstruktur dan sistematis. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa proyek pengembangan sistem absensi berbasis website untuk SMP N 35 Palembang berhasil dirancang dan diimplementasikan menggunakan metode Waterfall. Sistem ini efektif mempermudah pengelolaan data absensi kelas yang sebelumnya dilakukan secara manual. Fitur utama seperti manajemen data absensi kelas dan rekap absensi meningkatkan efisiensi operasional SMP N 35 Palembang. Penggunaan bahasa pemograman PHP, HTML, CSS, Bootstrap, dan MySQL menghasilkan website yang responsif dan mudah dimengerti. Pengujian menunjukkan sistem telah memenuhi kebutuhan, meskipun masih ada potensi pengembangan lebih lanjut, seperti fitur navigasi penggunaan website. Proyek ini berhasil mencapai tujuan, memberikan manfaat bagi admin, serta mempermudah akses informasi bagi guru dan orangtua siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...