JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Bagian dalam Sepak Bola

Wijanarko, Windi (Unknown)
Wijaya, Andhega (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi menggunakan media. Salah satunya penyampaian materi menggunakan media augmented reality di SMPN 1 Songgon dengan materi pembelajaran berupa vidio sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi khususnya pada pembelajaran PJOK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan media augmented reality terhadap passing kaki bagian dalam sepak bola. Melalui metode kuantitatif dan pendekatan eksperimen murni (true eksperimental desain), penelitian ini mengevaluasi pengaruh media augmented reality passing kaki bagian dalam sepak bola terhadap hasil belajar yang meliputi penilaian afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, dengan jumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest menggunakan instrumen sikap menggunakan penilaian secara langsung saat kegiatan penelitian, instrumen pengetahuan menggunakan google from, dan instrumen keterampilan menggunakan penilaian langsung saat melakukan teknik passing kaki bagian dalam sepak bola. Berdasarkan hasil uji peningkatan mendapatkan hasil pada kelompok eksperimen sebesar 2,23% dan hasil pada kelompok kontrol -5,65, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan media augmented reality pada kelompok eksperimen dengan meningkatnya hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...