Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode Token ekonomi dalam meningkatkan fokus belajar siswa kelas A TK Cempaka. Penelitian ini melibatkan 20 siswa sebagai subjek dan dirancang untuk mempertahankan konsentrasi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah daftar periksa pengamatan atau checklist. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat fokus siswasebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 4,93 dan meningkat menjadi 6,05 sesudah diberi perlakuan. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode token ekonomi secara signifikan meningkatkan fokus belajar siswa kelas A di TK Cempaka. Pemberian reward kepada siswa setelah berhasil menjawab pertanyaan dan proses mengumpulkan poin, metode ini berhasil meningkatkan fokus belajar siswa. Implikasi penelitian berupa potensi penerapan metode token ekonomi untuk jenjang pendidikan lainnya, khususnya dalam meningkatkan fokus dan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025