Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 5 No. 1 (2025): Journal of Human And Education (JAHE)

Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris Bersama Tim Obfig’s_ Ecourse

April, Aprilia dwi putri (Unknown)
Veronica, Tiara (Unknown)
Fitria, Yoza (Unknown)
Resta, Via Ingrid Anda (Unknown)
Angriani, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah rendahnya kepercayaan diri siswa SD Negeri 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Masalah ini muncul akibat kurangnya interaksi dan pengalaman positif dalam menggunakan bahasa asing. Dr. Ahmad Zulkarnain (2022) Juga menekankan bahwa tujuan dari program pembelajaran bahasa Inggris adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana peneliti melibatkan 30 siswa dalam program pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan oleh tim OBFiG's_E Course. Program ini mengintegrasikan teknik pembelajaran interaktif dan kolaboratif, serta penggunaan media digital untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Dr. Siti Aisyah (2019) menekankan bahwa penguasaan bahasa Inggris menjadi sangat penting bagi siswa di Indonesia untuk bersaing di tingkat global. Ia menyatakan bahwa pendidikan bahasa Inggris harus diintegrasikan dengan metode yang menarik agar siswa lebih termotivasi. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, siswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi cenderung lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri siswa, yang diukur melalui tanya jawab dan observasi selama proses pembelajaran.Prof. Budi Santoso (2020) mengidentifikasi bahwa banyak siswa di daerah terpencil, termasuk Kota Bengkulu, mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris karena kurangnya praktik dan dukungan.Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dan kemampuan berbicara yang lebih baik dalam Bahasa Inggris setelah mengikuti program ini. Dr. Rina Lestari (2021) Berpendapat bahwa metode ini dapat membantu siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris, terutama dalam konteks interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Inggris yang inovatif dan kolaboratif dapat secara efektif menumbuhkan kepercayaan diri siswa, sehingga mereka lebih berani untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode serupa di sekolah lain untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa asing. Kata Kunci: Interaktif, Kolaboratif, Antusias, Observasi, Efektif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...