Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 3 (2024): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2024

Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kearifan Lokal Reog Bulkiyo Sesuai Profil Pelajar Pancasila

Arista, Trio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Pendidikan karakter menjadi fokus utama dunia pendidikan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan dunia nyata dengan sikap yang positif dan kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam tim.. Salah satu cara untuk mencapai hal ini yaitu dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam implementasi profil pelajar pancasila.. Penelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi relevansi nilai-nilai kearifan lokal Reog Bulkiyo dan implementasinya dalam pendidikan karakter sesuai dengan Profil Siswa Pancasila. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis nilai-nilai ini melalui studi literatur dan wawancara dengan Asosiasi Reog Bulkiyo. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter kearifan lokal Reog Bulkiyo sesuai dengan profil pelajar pancasila yaitu 1) beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) berkebhinekaan; 3) bergotong-royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis; dan 6) kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...