TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru
Vol. 4 No. 4 (2024)

AKURATKAH SKALA KITA? EVALUASI INSTRUMEN PENGUKURAN KEDISPILINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 ANGGANA

AFRIYANI, AFRIYANI (Unknown)
BARIDA, MUYA (Unknown)
KUMARA, AGUS RIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the instrument on student discipline given to students of SMP Negeri 1 Anggana was valid and credible. Discipline, which is influenced by family support, social environment, and self-motivation, is an important component of the learning process. Literature analysis, field studies, and quantitative data collection from students of SMP Negeri 1 Anggana were the research methods used in this study. Using 34 respondent statements, this study was given to 126 junior high school students in grade VIII. The Product Moment table, which has a significance level of 5%, shows the results of the calculation of the discipline questionnaire items. The results of the data validity test showed that thirty items were considered valid and four items were considered invalid. The Cronbach Alpha formula was used to test the reliability of the tool. If the Cronbach alpha value is greater than 0.6 and the alpha value of 0.931 is greater than 0.6, then the research variables meet the requirements for use in the study or can be considered reliable. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen tentang kedisiplinan siswa yang diberikan kepada siswa SMP Negeri 1 Anggana valid dan kredibel. Kedisiplinan, yang dipengaruhi oleh dukungan keluarga, lingkungan sosial, dan dorongan diri sendiri, merupakan komponen penting dari proses pembelajaran. Analisis literatur, studi lapangan, dan pengumpulan data kuantitatif dari siswa SMP Negeri 1 Anggana adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan 34 pernyataan responden, penelitian ini diberikan kepada 126 siswa SMP kelas VIII. Tabel Product Moment, yang memiliki taraf signifikansi 5%, yang menunjukkan hasil perhitungan item kuesioner kedisiplinan. Hasil uji validitas data menunjukkan bahwa tiga puluh item dianggap valid dan empat item dianggap tidak valid. Rumus Alpha Cronbach digunakan untuk menguji reliabilitas alat. Jika nilai alfa Cronbach lebih besar dari 0,6 dan nilai alfa 0,931 lebih besar dari 0,6, maka variabel penelitian memenuhi syarat untuk digunakan dalam penelitian atau dapat dianggap reliabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teacher

Publisher

Subject

Education Other

Description

TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seorang pendidik dan lain ...