Central Publisher
Vol 1 No 10 (2023): Jurnal Central

MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS

Zulfan Hadi (Unknown)
Widya Lestari (Unknown)
Alwi Rasyidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Latar Belakang : Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi salah satu strategi inovatif untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi di kelas. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan siswa sekolah menengah yang mengikuti pembelajaran berbasis teknologi menggunakan perangkat seperti tablet, aplikasi pembelajaran interaktif, dan platform kolaborasi daring. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen hasil karya siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas siswa. Teknologi memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi ide-ide baru, menghasilkan solusi inovatif, serta mengembangkan produk kreatif melalui kolaborasi digital. Selain itu, teknologi juga mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif. Kesimpulan : Penelitian ini menemukan beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti keterbatasan akses perangkat dan kebutuhan akan pelatihan teknis bagi guru dan siswa. Oleh karena itu, dukungan infrastruktur yang memadai serta program pelatihan yang berkelanjutan diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menunjukkan potensi teknologi sebagai alat pedagogis untuk meningkatkan kreativitas siswa dan memperkuat efektivitas pembelajaran di kelas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...