Latar Belakang : Game-Based Learning (GBL) telah menjadi salah satu metode pembelajaran inovatif yang menarik perhatian di era digital. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan GBL terhadap penguasaan materi matematika siswa Sekolah Dasar (SD). Metode : Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini, melibatkan dua kelompok siswa kelas V di sebuah SD di Kota Bandung: kelompok eksperimen yang menggunakan GBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa, serta angket untuk mengevaluasi respons siswa terhadap metode GBL Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada penguasaan materi matematika siswa di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, siswa yang belajar menggunakan GBL menunjukkan tingkat motivasi dan keterlibatan belajar yang lebih tinggi. Metode GBL juga berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep-konsep matematika yang abstrak. Kesimpulan : Penelitian ini merekomendasikan integrasi GBL dalam kurikulum sekolah dasar sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran matematika. Namun, diperlukan pelatihan bagi guru dan dukungan fasilitas teknologi untuk memaksimalkan penerapan GBL di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2023