Central Publisher
Vol 1 No 11 (2023): Jurnal Central

PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA

Nurul Ma'rifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan spiritual siswa, Pendekatan holistik dalam pendidikan Islam menekankan pada keseimbangan antara pengembangan aspek intelektual, emosiosal, sosial, dan spiritual. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendekatan holistik dalam pendidikan Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan holistik dapat memperkuat dimensi spiritual siswa melalui integrasi pembelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, praktik ibadah, dan pembentukan akhlak mulia. Pendekatan ini juga berperan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada karakter mereka sebagai individu yang beriman dan bertanggung jawab. Kesimpulan : Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya konsep pendidikan Islam yang berorientasi pada perkembangan holistik siswa, dengan penekanan pada kecerdasan spiritual sebagai landasan kehidupan yang lebih bermakna

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...