Latar Belakang : Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan spiritual siswa, Pendekatan holistik dalam pendidikan Islam menekankan pada keseimbangan antara pengembangan aspek intelektual, emosiosal, sosial, dan spiritual. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendekatan holistik dalam pendidikan Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan holistik dapat memperkuat dimensi spiritual siswa melalui integrasi pembelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, praktik ibadah, dan pembentukan akhlak mulia. Pendekatan ini juga berperan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada karakter mereka sebagai individu yang beriman dan bertanggung jawab. Kesimpulan : Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya konsep pendidikan Islam yang berorientasi pada perkembangan holistik siswa, dengan penekanan pada kecerdasan spiritual sebagai landasan kehidupan yang lebih bermakna
Copyrights © 2023