J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 2 Sep (2024): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION MELALUI MUMI KERA BU DESI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Junita, Fitri (Unknown)
Puspita, Ari Metalin Ika (Unknown)
Gunasyah, Ganes (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2024

Abstract

Indonesia. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran small group discussion melalui Mumi Kera Bu Desi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Untuk mengetahui minat belajar siswa digunakan angket yang diberikan kepada 27 siswa. Terdapat empat indikator minat belajar yang diukur yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Kenaikan prosentase  sebelum dan sesudah melakukan pembelejaran menggunakan model pembelajaran small group discussion melalui Mumi Kera Bu Desi 47,32% dari 42, 59% menjadi 89,91%. Sedangkan yang tidak minat belajar sebelum dan sesudah melakukan pembelejaran menggunakan model pembelajaran small group discussion melalui Mumi Kera Bu Desi mengalami penurunan 47,22% dari 57,41% menjadi 10,19 %. Hasil belajar siswa diambil dari postes dan pretes dengan nilai mencapai KKM atau kriteria ketuntasan minimum yaitu 75. Pada prosentase tersebut yang tuntas naik 51, 85% ini dari 40,74% menjadi 92,59%. Sedangkan yang tidak tuntas menjadi menurun 51,85% dari 59,26% menjadi 7,41%.Dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran small group discussion melalui Mumi Kera Bu Desi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BINDO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is a biannual journal (April and September) published by the Master of Indonesian Language and Literature Education study program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different ...