Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 1 (2025): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Urgensi Peningkatan Literasi Biologi di Bima sebagai Upaya Perlindungan Sumber Daya Alam

Ekahidayatullah, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Bima, sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya alam, menghadapi tantangan serius akibat degradasi lingkungan, seperti pembukaan lahan tanpa perencanaan, erosi, dan banjir. Minimnya literasi biologi di masyarakat menjadi salah satu penyebab utama permasalahan ini, karena kurangnya pemahaman terhadap ekosistem dan pentingnya konservasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti urgensi peningkatan literasi biologi di Bima sebagai upaya perlindungan sumber daya alam. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka sebagai sumber data utama. Analisis data dilakukan melalui sintesis literatur terkait pendidikan biologi, pelestarian lingkungan, dan kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi biologi berperan strategis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melestarikan lingkungan melalui pendekatan edukasi, partisipasi pemuda, teknologi, dan integrasi kearifan lokal. Upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dinilai krusial untuk memastikan keberlanjutan pelestarian lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi biologi yang terintegrasi dalam kurikulum pendidikan dan program berbasis komunitas sebagai strategi untuk menghadapi tantangan lingkungan di Bima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos : Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi yang diterbit oleh kampus STKIP Bima, menerima dan menerbitkan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan pada scope kependidikan. Pedagogos : Jurnal Pendidikan terdaftar pada LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terbit secara ofline/ ...