Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Vol. 5 No. 2 (2024): Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)

Peningkatan Kemapuan Kerjasama Melalui Permainan Tradisional ASE Pada Anak Di TK YPK Bethesda Sele Be Solu

Yolan Marjuk (Unknown)
Septia Nurul Wathani (Unknown)
Nun Sangaji Rumayon (Unknown)
Tabita Fadan (Unknown)
Marike Mambor (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Permasalahan penelitian ini ialah rendahnya kemampuan kerjasama anak dari 22 orang anak hanya 8 orang anak yang bekembang dengan baik kemampuan kerjasamanya. Rendahnya kemampuan kerjasama anak, yaitu anak belum mampu terlibat aktif dalam permainan kelompok dan berkomuikasi dengan baik bersama temannya. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan permainan tradisional ase. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui permainan tradisional ase di TK YPK BETHESDA SELE BE SOLU . Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan dalam penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini ialah anak didik yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan rentang usia 5-6 Tahun. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kemampuan kerjasama anak pada observasi awal mencapai presentase 36% sebanyak 8 orang anak. Pada siklus I kemampuan kerjasama anak meningkat mencapai persentase 60% sebanyak 13 orang anak. Pada siklus II kemampuan kerjasama anak meningkat mencapai presentase 82% sebanyak 18 orang anak. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tradisional ase dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak.Kata Kunci: Kemampuan Kerjasama, Permainan Tradisional Ase, Anak Usia Dini ABSTRACT The problem of this research is the low level of children’s cooperative abilities. Of the 22 children, only 8 children had well developed cooperative abilities. Children’s cooperative abilities are low, namely that children are not able to be actively involved in group games and communicate well with their friends. Efforts to overcome this problem are by implementing the traditional game ase. The aim of this research is to improve children’s cooperation skills through traditional ase games at the YPK BETHESDA SELE BE SOLU Kindergarten. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The stages in research are action planning, action implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were 22 students, consisting of 14 boys and 8 girls aged 5-6 years. The results of this study found that children’s cooperation abilities in initial observations reached a percentage of 36% for 8 children. In the first cycle, children’s cooperative abilities increased to a percentage of 60% with 13 children. In cycle II, children’s cooperative abilities increased to a percentage of 82% for 18 children. The conclusion of this research is that traditional ase games can improve children’s cooperation abilities Keywords: Cooperation Ability, Traditional Ase Games, Early Childhood

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aura

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang ...