Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran agar proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari media Pop-Up Book materi PHBS tentang kebersihan tangan siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, data kuantitatif didapat dengan sumber data yang berasal dari penilaian kelayakan produk dari para ahli dan siswa, sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran terkait kualitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk yaitu media Pop-Up Book yang berisikan langkah-langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar serta 5 waktu penting cuci tangan pakai sabun. Media Pop-Up Book yang dikembangkan mendapatkan penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai 93 dengan kategori “sangat baik”, ahli materi 85 dengan kategori “sangat baik”, ahli bahasa 86 dengan kategori “sangat baik” dan hasil dari respon siswa kelas 1 memperoleh nilai 100 dengan kategori “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book materi PHBS tentang kebersihan tangan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Mrisi memiliki kualitas yang sangat baik.
Copyrights © 2025