Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan colour corrugated paper untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati. Subjek penelitian yang digunakan adalah anak kelompok B TK PKK Untung Suropati yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan rincian setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seni rupa anak dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan kemampuan seni rupa meliputi aktivitas 3M yaitu menggulung, menggunting dan menempel melalui tahap mengenal media meliputi nama, warna, bentuk dan tekstur media, tahap 3M yaitu menggulung, menggunting dan menempel, dan tahap membuat hasil karya seni rupa. Peningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati tampak pada peningkatan dari 43,9% peserta didik yang mencapai standar 70% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2, dan rata-rata persentase capaian klasikal 73,0% pada siklus 1 menjadi 93,1% pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan colour corrugated paper dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK PKK Untung Suropati.Kata kunci: Kegiatan Colour Corrugated Paper; Kemampuan Seni Rupa; Anak Kelompok B
Copyrights © 2024