Artikel ini membahas Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) di Universitas Muhammadiyah Maumere merupakan langkah penting dalam menyiapkan mahasiswa calon pendidik untuk terjun ke dunia pendidikan. Melalui pendekatan penelitian yang meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi artikel ini menguraikan berbagai tahapan PLP I, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan program. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan pengetahuan akademik yang baik, tetapi terdapat variasi dalam sikap, minat, dan emosi mereka. Beberapa peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi dalam belajar, sementara yang lain menunjukkan sikap apatis dan kurang peduli terhadap lingkungan belajar. Hal ini menjadi tantangan bagi calon pendidik untuk menciptakan metode pengajaran yang dapat menjangkau semua peserta didik. Kultur sekolah di SMA Negeri Magepanda, yang mencakup pelaksanaan upacara bendera dan penerapan prinsip 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), memberikan kontribusi positif terhadap suasana belajar yang kondusif. Struktur organisasi sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan wali kelas, berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran dan menjaga hubungan yang baik antara sekolah dan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024