Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Pair-Share di kelas V SD Negeri 017 Bukit Payung, dengan subjek penelitian terdiri dari 29 siswa dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang kemudian diverifikasi untuk memastikan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Think-Pair-Share berhasil meningkatkan minat belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan perasaan senang, semangat, ketertarikan, perhatian, dan partisipasi dalam pembelajaran matematika. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat signifikan, dengan lebih banyak siswa yang mencapai KKM. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa strategi Think-Pair-Share efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika.
Copyrights © 2025