Ezra Science Bulletin
Vol. 3 No. 1 (2025): January-June 2025

STUDI LITERATUR MENGENAI GAMBARAN COACHING, MENTORING DAN KONSELING BAGI KESEJAHTERAAN KARYAWAN DI TEMPAT KERJA

Sinaga, Okta Eliza (Unknown)
Wustari L Mangundjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai peram coaching, mentoring, dan konseling terhadap kesejahteraan karyawan di tempat kerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini, adalah dengan cara menggunakan studi literatur yaitu mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur, seperti artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian yang membahas ketiga pendekatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa coaching berfokus pada pengembangan keterampilan dan pencapaian tujuan spesifik, yang dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri karyawan. Sementara itu, mentoring berperan penting dalam pengembangan karir jangka panjang, memberikan dukungan dan bimbingan yang membantu karyawan mengatasi tantangan dalam lingkungan kerja. Di sisi lain, konseling berfokus pada kesehatan mental dan emosional, yang membantu karyawan mengelola stres dan masalah pribadi yang dapat mempengaruhi kinerja mereka. Berdasarkan penelitian ini, ketiga pendekatan ini saling melengkapi dan memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan karyawan. Oleh karena itu, organisasi disarankan untuk menggabungkan pendekatan coaching, mentoring, dan konseling ke dalam strategi pengembangan sumber daya manusia, sehingga diharapkan akan membuat tempat kerja lebih produktif dan lebih baik untuk karyawan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ezrascibin

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Ezra Science Bulletin is a open-access publication journal of research results, scientific research articles, conceptual articles, literature reviews, and/or ideas from various disciplines science. Ezra Science Bulletin is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical ...