Setiap usaha yang sedang di jalankan atau di kembangkan, sudah pasti terdapat persaingan di dalamnya. Usaha kecil menengah atau biasa di sebut UKM merupakan usaha yang mudah sekali di jalankan oleh semua orang yang mempunyai keinginan untuk membuka usaha. Untuk menghadapi tantangan persaingan yang ada di dalam dunia usaha, maka setiap UMKM harus menciptakan inovasi untuk memperkuat citra khas dan keunggulan produk. Setiap usaha yang dilakukan pasti mengandung risiko. Manajemen risiko diperlukan untuk mengantisipasi atau menbgurangi kemungkinan terjadinya risiko dalam suatu usaha. Analisis ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan risiko apa saja yang di hadapi oleh UMKM Syadessert.cpo Tasikmalaya. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif yang didapat dari hasil wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil UMKM Syadessert.co Tasikmalaya memiliki risiko yaitu risiko bahan baku, risiko keuangan, risiko pemasaran. Berdasarkan analisis SWOT yang dimiliki oleh UMKM Syadessert.co Tasikmalaya maka kekuatannya adalah Syadessert.co ini merupakan kuliner jenis kue (makanan manis/makanan penutup) yang mempunyai citra rasa yang mewah dengan harga yang terjangkau, kelemahan dari usaha Syadessert.co ini yaitu hanya bertahan 6-8 jam jika di suhu ruang dan banyak pesaing. Peluang dari usaha inin yaitu pasarnya luas dan disukai berbagai kalangan, termasuk pria dan wanita. Sedangkan ancaman dari usaha ini adalah dari usaha yang sama dan juga kuliner yang berasal dari kue juga.
Copyrights © 2024