Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian seseorang agar memahami nilai-nilai karakter yang luhur dalam bentuk sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan peserta didik antara yang salah dan yang benar, tetapi juga menanamkan kebiasaan-kebiasaan (habituasi) berkenaan dengan hal-hal yang baik agar peserta didik dapat memahami, mampu merasakan dan mau melakukannya. Dengan begitu, pendidikan karakter mengemban misi yang sama dengan pendidikan akhlak, pendidikan budi pekerti atau pendidikan akhlak. Tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk meningkatkan kualitas dan tercapainya pembentukan karakter atau akhlak yang luhur pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka. Kesimpulan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi pendidikan karakter dalam metode praktik mengajar tafsir kemudian mengetahui dasar-dasar Al-Qur’an tentang Pendidikan Karakter.
Copyrights © 2024