International Journal of Progressive Mathematics Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA KEMANDIRIAN BELAJAR

Muchlis, abdul (Unknown)
Azhar, Ervin (Unknown)
Purwanto, Sigid Edy (Unknown)
Nuriadin, Ishaq (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pakar yang dapat mendiagnosis tingkat kemandirian belajar siswa, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kemandirian tersebut. Sistem pakar ini dirancang menggunakan pendekatan berbasis kecerdasan buatan, dengan menganalisis data dari tes, kuesioner, dan observasi perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem pakar dengan teknik inferensi berbasis aturan untuk menilai tingkat kemandirian belajar siswa. Sistem ini mengidentifikasi indikator-indikator kemandirian, seperti kemampuan siswa dalam mengatur waktu, mencari informasi secara mandiri, dan menyelesaikan tugas tanpa bantuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar yang dibangun dapat secara akurat mendiagnosis tingkat kemandirian siswa dan memberikan umpan balik serta rekomendasi yang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi pendidikan, khususnya dalam penggunaan sistem pakar untuk memantau dan meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah menengah, serta menawarkan pendekatan inovatif yang dapat diterapkan oleh guru untuk mendukung proses belajar siswa secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijopme

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

nternational Journal of Progressive Mathematics Education E-ISSN:2775-8435, ISSN: 2776-2726, DOI Prefix 10.22236/ijopme is a peer-revieweopen-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a ...