Penelitian ini menganalisis tentang kemampuan menulis permulaan siswa kelas III SD N 1 Bangbang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kemampuan menulis permulaan siswa, mendeskripsikan faktor yang menghambatan menulis permulaan siswa, serta upaya guru mengatasi hambatan menulis permulaan siswa. Menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, bahwa kemampuan menulis permulaan siswa secara keseluruhan, terbilang belum maksimal. Sebagai besar dari 13 siswa melakukan kesalahan tiap tahapan, yakni tahapan menulis dengan huruf kecil/menulis narasi, tahap menulis huruf kapital pada permulaan kalimat, tahap menulis dengan huruf tegak bersambung, dan tahapan menulis ejaan/tanda baca. Kemampuan yang paling dominan siswa adalah menulis dengan huruf tegak bersambung. Faktor yang menghambat kegiatan menulis permulaan siswa, yaitu perkembangan motorik halus terganggunya persepsi visual. Upaya untuk mengatasi hambatan menulis permulaan siswa dengan perencanaan pengajaran motivasi siswa bimbimngan dari guru kelas. This research analyzes the initial writing abilities of class III students at SDN 1 Bangbang. The aim of this research is to explain the writing abilities of beginner students, describe the factors that hinder beginner students' writing, and the teacher's efforts to overcome the writing barriers of beginner students. Using a qualitative research method, case study approach. The results of the research obtained through observation, interviews and documentation show that students' overall initial writing abilities are not optimal. Most of the 13 students made mistakes at each stage, namely the stage of writing lowercase letters/narrative writing, the stage of writing capital letters at the beginning of a sentence, the stage of writing in cursive letters, and the stage of writing spelling/punctuation. The most dominant ability of students is writing in cursive letters. Factors that hinder students' initial writing activities include fine motor development, impaired visual perception. Efforts to overcome students' initial writing barriers with teaching planning, student motivation, and guidance from the class teacher.
Copyrights © 2025