Teknologi yang selalu berubah menjadi tantangan tersendiri bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan pembayaran digital mempengaruhi kinerja pedagang UMKM industri makanan dan minuman di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dan melibatkan 118 responden UMKM di Bekasi sebagai sampel. Hasil penelitian ini menyoroti bagaimana kinerja UMKM di Bekasi sangat dipengaruhi oleh penggunaan sistem pembayaran digital. Pada dasarnya, penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM dapat memaksimalkan manfaat pembayaran digital jika mereka menunjukkan keterbukaan terhadap pembelajaran dan penerimaan terhadap kemajuan teknis baru. Selain itu, sebagai komponen penting bagi keberhasilan UMKM di era digital, studi ini menyoroti peran penting yang dimainkan oleh adaptasi dan pelatihan inovasi teknologi. UMKM di industri makanan dan minuman dapat meningkatkan efisiensi operasional dan daya saingnya dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan teknologi baru. Oleh karena itu, pentingnya strategi proaktif untuk integrasi teknologi dan pendidikan berkelanjutan dalam memungkinkan UMKM untuk sejahtera dalam ekosistem digital yang terus berubah disorot dalam penelitian ini
Copyrights © 2025