Journal of Management Review
Vol 8, No 5 (2024): Journal of Management Review

PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT KREDIT BRANCH CREDIT MANAGEMENT (BCM) (Studi pada BNI Kantor Cabang Utama Tasikmalaya)

Primaditya, Novia (Unknown)
Budianto, Apri (Unknown)
Bastaman, Irma Darmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang minat nasabah kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya mengalami fluktuatif, mengingat keadaan ekonomi secara makro mengalami perubahan signifikan yang disebabkan karena pandemi yang melanda negara kita. Strategi komunikasi pemasaran yang ada pada pada BNI Cabang Tasikmalaya masih perlu ditingkatkan. Komunikasi pemasaran yang digunakan belum mampu meningkatkan menarik nasabah untuk melakukan kredit BCM, Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran pada BNI Cabang Tasikmalaya. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan minat kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap minat kredit BCM pada BNI Cabang Tasikmalaya. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaranm berdasarkan tanggapan responden diperoleh jumlah akumulasi nilai dengan total skor 4366. Perolehan skor tertinggi terdapat pada dimensi acara dan pengalaman (even and experiences), dengan jumlah nilai rata-rata 277 dengan kategori tinggi. Perolehan skor terendah terdapat pada dimensi hubungan masyarakat dan publisitas (public relations and publicity), dengan jumlah nilai rata-rata 265 dengan kategori tinggi. Perolehan nilai total skor sebesar 4366 jika dibandingkan dengan tabel 4.21 maka berada pada interval ke-5 yang artinya tanggapan responden terhadap strategi komunikasi pemasaran termasuk ke dalam katagori sangat timggi. Minat kredit Branch Credit Management (BCM) berdasarkan tanggapan resnponden, diperoleh total skor sebesar 4292. Perolehan skor tertinggi terdapat pada dimensi minat preferensial, dengan jumlah nilai rata-rata 273.5 dengan kategori tinggi. Perolehan skor terendah terdapat pada dimensi minat transaksional, dengan jumlah nilai rata-rata 263.5 dengan kategori tinggi. Strategi komunikasi pemasaranm cenderung sangat tinggi begitu juga dengan minat kredit Branch Credit Management (BCM). Hal ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran berpengeruh signifikan terhadap minat kredit branch credit management (BCM) sebesar dengan kategori pengaruh sangat tinggi. Artinya jika strategi komunikasi pemasaran terus dtinkatkan, maka minat kredit branch credit management (BCM) juga akan semakin meningkat. Begitu juga sebaliknya jika strategi komunikasi pemasaran dihentikan atau di turunkan, maka minat kredit branch credit management (BCM) juga akan mengalami penurunan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

managementreview

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of ManagementReview is a scientific journal in the field of management in widely spectrum broad but focus on management science that aims to accommodate for writers such as lecturer, students, researchers and practitioners to share their scientific experience both theoretically and ...