Penelitian ini mengkaji pengaruh Ethical Leadership, Perceived Organizational Support, dan Job Autonomy terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada guru Generasi Z, dengan Work Engagement sebagai variabel mediasi. Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, mencakup 27,94% dari total populasi Indonesia. Penelitian ini melibatkan 82 responden, yaitu guru Generasi Z di sekolah Katolik dan Kristen swasta di Pontianak, mencakup berbagai jenjang pendidikan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner, yang dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ethical Leadership, Perceived Organizational Support, dan Job Autonomy berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB melalui Work Engagement. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan faktor-faktor tersebut untuk mendorong Work Engagement yang pada akhirnya akan meningkatkan OCB pada guru Generasi Z. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi para pengelola sekolah serta kontribusi teoretis untuk memahami dinamika OCB dalam konteks ini.
Copyrights © 2025