Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI MAN 2 Model Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Two Group Experiment Control Posttest Only. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI F1C (41 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XI F1 D (51 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (88,5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (62,5). Uji hipotesis menghasilkan t0ttabel (5,08 2,57), membuktikan bahwa metode STAD berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI MAN 2 Model Medan.
Copyrights © 2025