Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024): September 2024

Strategi Pembelajaran Berbasis Cerita dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini

Nersa, Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang sedang berada pada fase kritis perkembangannya. Pada usia ini anak memiliki kemampuan dalam menyerap informasi dengan sangat cepat sehingga merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral. Pengembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini merupakan pondasi penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian mereka di masa yang akan datang. Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting dalam membentuk karakter, moral, dan religiusitas anak yang akan menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang. Salah satu strategi efektif yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berbasis cerita dan role model. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan studi pustaka atau sering disebut dengan telaah pustaka. Pendekatan ini berfokus pada analisis Strategi Pembelajaran Berbasis Cerita dan Role Model dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Hasil penerapan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini sangat efektif atau membuahkan hasil, karena melalui metode bercerita ini penanaman nilai-nilai agama anak dapat tepat sasaran sesuai dengan target yang diharapkan oleh pendidik dan dimana kemampuan sesuai dengan keinginan. Karena konsep dalam metode ini bersifat fleksibel dan tidak memaksa anak, maka diharapkan dengan menanamkan agama seperti pada metode bercerita nilai-nilai agama yang diajarkan dapat dialami dan dipahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...