Jurnal CARE
Vol. 13 No. 1 (2025)

Evaluasi Proses Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Era Digital: Pendekatan Model Countenance Stake

Agus Sutiyono (Unknown)
Evita Nur Apriliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Karakter sosial-emosional di era digital pada anak usia dini menjadi fondasi utama untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas teknologi, tetapi juga bermoral, berempati, dan manusiawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dalam pembentukan karakter sosial-emosional anak usia dini pada era digital menggunakan Model Countenance Stake. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya disparitas pencapaian di antara ketiga Raudhatul Athfal (RA), yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti beban administrasi guru, kurangnya pelatihan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), keterbatasan sumber daya, dan kemampuan guru dalam mengelola kelas yang beragam. Terdapat kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keselarasan kurikulum, pelatihan guru, dan penyediaan sumber daya yang memadai dalam konteks pengembangan sosio-emosional anak di tiga Raudhatul Athfal. Penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan guru yang berkelanjutan, penyediaan sumber daya yang memadai, dan penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan perkembangan sosial-emosional anak di era digital. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik pembelajaran yang lebih efektif dalam membentuk karakter sosial-emosional anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...