Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 6 SD Negeri Pancoran V yang mengikuti pembelajaran. Mereka berjumlah 7 siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa juga. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian menemukan amanat cerita rakyat Madura. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran dan memvalidasi hasil analisis data. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskripsi yakni mean dan persen. Target hasil pembelajaran 70,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif melibatkan 2 kegiatan awal, 18 kegiatan inti, dan 3 kegiatan akhir; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura mencapai mean 76,67 pada nilai minimal 70,11 dan nilai maksimum 87,67.
Copyrights © 2025