Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025

Pembelajaran Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif menurut Menggunakan Pendekatan Ganda melalui Bahan Ajar Khusus

Sumiati (Unknown)
Afandi, Jefri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaraam menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus; 2) hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani yang mengikuti pembelajaran. Mereka berjumlah 10 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak populasi. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif mengggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus menggunakan instrumen tes unjuk kerja. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaraam menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus melibatkan 3 kegiatan awal, 12 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus mencapai mean 81,82.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...