Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025

Pembelajaran Pengembangan Kalimat Pokok Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Bahan Ajar Manual

Leba, Valentinus Jawa (Unknown)
Ahmad, Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran pengembangan kalimat pokok menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui bahan ajar manual; 2) hasil pembelajaran pengembangan kalimat pokok menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui bahan ajar manual. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 6 SD Inpres Ekasapta yang mengikuti pembelajaran pengembangan kalimat pokok menggunakan pendekatan konstruktivisme yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keterampilan menulis satu kalimat pendukung atas dasar kalimat pokok yang tersedia. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran pengembangan kalimat pokok menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui bahan ajar manual melibatkan 3 kegiatan awal, 26 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) pembelajaran pengembangan kalimat pokok menggunakan pendekatan konstruktivisme menghasilkan mean baku minimal di atas 81,20.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...