Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menggunakan metode tanya jawab; 2) amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menurut penilaian siswa. Penelitian berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 6 Karawang. Populasi penelitian adalah para ssiwa kelas X yang mengikuti proses pembelajaran dan mengisi kuesioner berbasis google form. Mereka berjumlah 52 siswa yang terbagi dari dua kelas paralel. Sampel ditetapkan sebanyak 52 siswa; sampel total. Data prosedur pembelajaran amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menggunakan metode tanya jawab dikumpulkan menggunakan pedoman observasi tertutup. Data amanat utama cerpen profetik menurut penilaian siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis google form. Data prosedur pembelajaran amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menggunakan metode tanya jawab dianalisis secara tematik fokus kesesuaian antara kegiatan pembelajaran di kelas dengan kegiatan dalam RPP. Data amanat utama cerpen profetik menurut penilaian siswa dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni ukuran modus dan persen. Temuan penelitian: 1) prosedur pembelajaran amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menggunakan metode tanya jawab melibatkan 3 kegiatan awal, 13 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) amanat utama cerpen profetik ‘Tidur di Masjid’ menurut penilaian siswa adalah jadilah ulama yang mampu memberikan solusi kepada setiap orang yang memerlukan.
Copyrights © 2025