Materi Kesetimbangan Kimia yang harus dipahami dengan pemikiran tingkat tinggi yang salah satunya dapat dipahami dengan pemikiran secara kreatif. Untuk itu diperlukan Penelitian yang bertujuan untuk menyediakan asesmen keterampilan berpikir kreatif materi kesetimbangan kimia yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian atau Research and Development (R & D) dan Metode yang dipakai adalah metode Mc. Intire dalam Mulyatiningsih. Mc Intire terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) Mendefinisikan kompetensi, peserta tes dan tujuan tes, (2)Mengembangkan rencana uji, (3) Menyusun item tes, (4) Menulis instruksi administrasi, (5) Melakukan uji coba, (6) Melakukan analisis item, (7) Merevisi tes, (8) Validasi tes, (9) Mengembangkan Norma, (10) Melengkapi tes manual. Dalam Menyusun tes dilakukan validasi menggunakan CVR, Sedangkan Uji Empirin menggunakan SPSS. Hasil Analisis validitas menggunakan CVR pada penelitian ini menunjukan nilai yang lebih besar dari 0,736 sehingga dapat dikatakan valid. Sedangkan Uji Empiris memiliki kategori soal baik tanpa revisi dan memiliki nilai reliabilitas yaitu 0,948 dengan alfa Cronbach.
Copyrights © 2024