Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST)
Vol. 3 No. 2 (2024): Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA

Mustaqim, Ahmad (Unknown)
Prabowo, Arifin Nur (Unknown)
Tama, Chandra Wira (Unknown)
Meintarag, Noval Galih (Unknown)
Utomo, Mas’ud Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar materi permainan invasi sepakbola peserta didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta, pembelajaran masih didominasi dengan motode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar materi permainan invasi sepakbola kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi permainan invasi sepakbola melalui model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran Pada Peserta Didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta dengan jumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari 73,90 menjadi 81,20. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar materi permainan invasi sepakbola peserta didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijst

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Health Professions Public Health

Description

The IJST Journal is a journal that focuses on: 1. Physical Education 2. Sports Tourism 3. Sport Coaching 4. Physical Activities 5. Sports Biomechanics 6. Sports Pedagogy 7. Sports Physiology 8. Sports Psychology 9. Traditional Sports 10. Sports Health 11. Sports ...